Lilypie Third Birthday tickers

Lilypie - Personal pictureLilypie Third Birthday tickers

Lilypie First Birthday tickers

Lilypie - Personal pictureLilypie First Birthday tickers

Saturday, July 24, 2010

MPASI 6-8 Bulan

MPASI adalah salah satu hal yang gw tungguin untuk Darrell. Mulai daru usia nya 4 bulan gw udah rajin ngunjungin oom Google untuk ngumpulin sebanyak mungkin persiapan MPASI. Gw udah super antusias ngebayangin jagoan gw makan. Mulailah gw mengunjungi satu per satu blog-blog’nya mommies untuk ngintipin persiapan MPASI anak-anak mereka. Alhamdulillah, di luar sana banyak sekali ibu super, yang blog-blognya sangat bermanfaat. Udah gitu gw googling juga tentang do and don’t saat MPASI. Salah satu web yg sering gw kunjungin adalah www.wholesomebabyfood.com dan www.annabelkarmel.com . Untuk web terakhir gw baru nemu di forum TUM, dan langsung kecanduann *telat*

Menginjak usia 5 bulan gw mulai beli-beli buku seputar MPASI. Buku yang gw beli antara lain “Variasi Makanan Sehat Bayi” – Wied Harry Apriadji, “Makanan Pendamping ASI” – Diana Damayanti, dan yang paling gw suka “112 Resep Makanan TIM untuk Bayi” – Tuti Soenardi, buku terakhir itu best seller loh mommies :)


Baiklah, sekarang gw mau share makanan yang di pakai untuk MPASI. Dimulai dari usia 6 bulan yaaa…

MPASI Darrell 6 bulan :

Awal Darrell mulai MPASI gw hanya ngasih bubur susu, pure buah, dan bubur susu sauh buah. Untuk bubur susu, buburnya gw memakai ‘tepung gasol’, yang gw pesen di www.tepunggasol.com . Untuk rasanya, gw pesen gasol beras merah, gasol beras coklat, dan gasol kacang hijau. Sebenernya untuk tepung gasol ini juga bisa didapetin di Ranch Market, tapi karena gw suka yg praktis mendingan duduk manis di rumah sambil online. Campuran susunya gw pakai ASI yang udah di pompa. Alhamdulillah Darrell seneng dan makannya ga begitu susah.

Untuk buahnya gw cobain pisang (pisang ambon), apel (red Washington), pir (xiang lie), alpukat (alpukat mentega), jeruk, dan papaya (papaya Bangkok). Dan untuk sayurannya gw nyobain kentang, labu kabocha, dan zucchini.

Usia 6 bulan Darrell 2x makan bubur susu / bubur susu sauh buah, 1x makan pure buah, dalam porsi sedang, dan minum ASI sesuka hatinya. Gw ga terlau pakai takaran, gw nakarin makanannya ngikutin mood Darrell jg, jadi porsinya ya porsi sedang, atau kurang lebih setengah mangkuk (mangkuk/bowl makanan bayi).

Contoh menu MPASI Darrell 6 bulan (ini contohnya saja, penerapannya pada awal MPASI, khususnya MPASI 6 bulan, gw memakai cara 3-4x1, artinya menggunakan menu yg sama selama 3-4 hari sekali untuk melihat apakah ada alergi atau tidak). Menu di bawah ini bisa dikombinasikan sendiri sama mommies, ini hanya salah satu contoh yang pernah gw pakai untuk Darrell :


Minggu 1

Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4

Pagi

Bubur beras merah + ASI

Bubur kacang hijau + ASI

Bubur beras coklat + bubur kacang hijau

Pure labu kabocha

Siang

Pure alpukat

Pure pisang

Pure pepaya

Pure apel + pir

Sore

Bubur beras coklat + ASI

Bubur beras merah saus apel

Bubur kacang hijau saus pir

Kentang + zucchini


MPASI Darrell 7 bulan :

Di usia 7 bulan sekarang Darrell udah boleh makan sayur dan lauk pauk tambahan. Tetapi menu di usia 6 bulan masih masih bisa di pakai. Buah-buahan’nya juga boleh nambah lagi. Tapi untuk sayuran baru boleh makan asparagus, sawi, dan lobak. Lauk pauknya udah boleh makan ayam, daging sapi, hati ayam, tahu (tahu sutera) dan tempe. Buah-buahannya udah bisa di tambah dengan labu parang, butternut pumpkin, mangga, blewah, peach dan plum. Tapi peach dan plum rata-rata rasanya agak asem, jadi gw hanya memakai 1 kali saja. Takutnya malah jadi sakit perut. Selain menggunakan tepung gasol, gw mulai nyobain outmeal (havermut), gw pakai yang merk Ligo, dan beras merah organik (untuk disaring/blender) bisa di beli di Ranch Market, All Fresh, atau Total Fresh.

Untuk sayuran gw milih yang organik, sebenernya sih sama aja non organik atau yang organik, tapi dari awal gw memilih yang organik saja. Sayuran bisa di simpen di lock and lock atau Tupperware trus dimasukkan ke dalam kulkas. Untuk buah-buahan juga begitu, di tempatkan dalam wadah yang terpisah, baru di masukin ke dalam kulkas. Outmeal dan tepung gasol gw taro di tempat sejuk dan kering dan di simpen di dalam Tupperware.

MPASI usia 7 bulan gw tidak menggunakan 4x1, tapi 2x1 (satu kali menu yang sama dalam waktu dua hari) pada minggu pertama saja, dan Alhamdulillah Darrel tidak alergi untuk menu-menu itu, (Darrell alergi telur sepertinya, karena kalo gw makan telur, dan dia ngedot ASI gw dia sedikit merah / bruntusan mukanya). Untuk minggu ke 2 dan seterusnya setiap hari menunya gw variasikan.

Contoh MPASI Darrell 7 bulan (beberapa contohnya saja loh ini mommies) :


Minggu 1

Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4

Pagi

Gasol beras merah saus zucchini

Gasol beras merah + labu parang

Bubur saring beras merah + sawi + tempe + kaldu

Outmeal + lobak + tempe + ayam + kaldu

Siang

Pure kabocha + pir

Pure papaya + pisang

Pure apel + alpukat

Pure pir + butternut pumpkin

Sore

Gasol kacang hijau saus apel

Gasol kacang hijau + butternut pumpkin

Bubur saring beras merah + asparagus + tahu + kaldu

Kentang + asparagus + tahu + hati ayam + kaldu

Note :

  • Sekali lagi, ini hanya beberapa contohnya saja, jadi nanti mommies bisa kreasikan sendiri variasi menunya. Kalo bisa, apabila si baby tidak ada alergi menunya bisa di ganti setiap hari supaya anak kita tidak bosan. Yang terpenting, di setiap menu MPASI si kecil, kita selalu masukin makanan yang mengandung karbohidrat (sayuran) dan protein (makanan hewani).
  • Karena beras dan sayuran proses pencernaannya lebih rumit, jadi kita bisa pelan-pelan ngenalinnya pada saat si baby berusia 7 bulan.
  • Makanan hewani sebagai sumber protein di usia 7 bulan sebenarnya masih sulit untuk di cerna oleh bayi, makanya gw kenalin di minggu-minggu terakhir menjelang usia 8 bulan, jadi perkenalkan terlebih dahulu si tempe dan si tahu.
  • Untuk buah-buahan dan sayuran lain seperti apel, pir, labu parang, butternut pumpkin, dan kabocha di kukus terlebih dahulu baru di haluskan.
  • Untuk menu bubur saring (blender) dan outmeal bisa di masak di slow cooker atau langsung di atas kompor dengan api sedang, dengan mencampur semua bahan satu per satu, mulai dari beras, makanan hewani, kemudian sayuran. Bisa di masak dengan air mateng biasa, atau dengan kaldu.
  • Untuk kaldu, gw pakai ceker atau ayam (kampung/negeri) dan di simpen di baby cubes yang gw beli di www.japanesehouse.multiply.com trus bisa dibekukan di kulkas. Gw simpen hanya untuk 2-3 minggu aja.


MPASI Darrell 8 bulan :

Oke mommies, lanjut yuk…. Alhamdulillah Darrell makannya nggak susah, cuma butuh waktu kurang lebih 15 menit, dia udah bisa menghabiskan ½ - 1 bowl makanannya. (kecuali dalam keadaan tertentu seperti ngantuk, emang butuh ‘pemandu sorak’ supaya makannya lahap). Walaupun kadang harus ada ‘pancingan’, tapi overall Darrell doyan makan *sama seperti emaknya*

Umur 8 bulan menu-menu 6-7 bulan masih bisa di pakai, tinggal di kombinasikan lagi dengan menu tambahannya. Sayurannya udah boleh nambah wortel, bayam, kubis, brokoli, dan buncis. Sebenernya dari usia 6 bulan udah boleh di tambahkan tomat, tapi gw baru tambahain di usia 8 bulan, untuk mencegah alergi. Buah nya udah gw tambahin melon dan semangka. Gw juga udah pakai butter unsalt merk Orchid (bisa ditambahkan saat bikin kaldu). Sekarang udah boleh di tambah keju merk Laughing Cow.

Umur 8 bulan seharusnya udah bisa dikenalin makanan yang lebih pdat dari sebelumnya, tapi karena gigi Darrell belum muncul juga :( akhirnya makanannya masih terus dihalusin :) Alhamdulillah sampai usia 8 bulan ini tidak ada masalah alergi, diare, dan sebagainya, makanya menunya sebisa mungkin gw ganti setiap hari. Yang tidak boleh di kasih untuk bayi di bawah 1 tahun adalah :

  1. Garam

Karena bisa mengganggu ginjalnya dan mengakibatkan dehidrasi.

  1. Gula

Akan menyebabkan gangguan pada gigi.

  1. Telur setengah atang

Akan memunculkan resiko infeksi salmonella.

  1. Madu

Madu mengandung sejenis bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius yng disebut infant botulism (keracunan makanan yang disebabkan eksotoksin clostridium botulinum).

Contoh MPASI Darrell 8 bulan :


Minggu 1

Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4

Pagi

Bubur saring beras merah + asparagus + sawi + daging sapi + kaldu

Outmeal + asparagus + brokoli + ayam + kaldu + keju

Bubur saring beras merah + bayam + zucchini + tahu + kaldu

Kentang + wortel + brokoli + tempe + hati sapi + kaldu + keju

Siang

Pure apel + pir

Pure papaya + butternut pumpkin

Pure semangka + alpukat

Pure pir + kabocha

Sore

Kentang + lobak + wortel + hati ayam + kaldu + keju

Bubur saring beras putih + wortel + buncis + daging sapi + kaldu

Outmeal + tomat + brokoli + tempe + kaldu + keju

Bubur saring beras merah + buncis + bayam + tahu + ayam + kaldu

Itu dia mommies kurang lebih contoh-contoh menu MPASI Darrell 6-8 bulan. Alhamdulillah Darrell ga masalah kalau di kasih sayuran, so far dia suka dan tidak ada alergi. Pup’nya juga lancar sehari sekali. Untuk buah gw seneng banget ngasih pir, karena buah pir ini sangat baik untuk mencegah sembelit.

Semoga bermanfaat ya mommies :)

1 comment:

  1. Sekarang pasti babynya dah besar ya....aku numpang share u baby ku, 2 bulan lg dia MPSufor...bkn MPASI...tks

    ReplyDelete